Bergelar S1? Bisa kok Jadi Dosen

Bestari

Bestari

Tim Redaksi Bestari.ID
Arif Menginspirasi
Bestari

Latest posts by Bestari (see all)

M Nasir (Foto: Int)

Bestari.id – Munculnya pemberitahuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui M Nasir selaku Menristekdikti bahwa lulusan S1 atau D4 dimungkinkan menjadi dosen, seolah menjadi angin segar bagi mereka yang sedari dulu menaruh harapan untuk mengajar mahasiswa di kelas.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) inilah sehingga mantan Rektor Undip itu dengan tegas mengatakan bahwa menjadi dosen tidak perlu lagi menempuh jenjang S2 atau S3 terlebih dahulu. Apabila anda memiliki pengalaman manajerial yang mumpuni dan dipredikasi memiliki potensi untuk berkembang baik, itu sudah bisa dikatakan memenuhi syarat.

M Nasir tidak main-main perihal itu, dilansir dari berbagai media, dirinya telah melakukan rapat terbatas untuk menindaklanjuti perpres tersebut. Bagi Profesor Akuntasi ini kebijakan tersebut diterapkan untuk mengatasi kurangnya dosen profesional di perguruan tinggi.

Bahkan sebelum Perpres ini buming, pengakuan M Nasir beberapa kampus di Indonesia sudah menerapkan, seperti Politeknik Elektronika Surabaya, Polimarine di Semarang, Poltek Manufaktur, dan Institute Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta.

Kebijakan ini menjadi otoritas kampus, kampus dengan berbagai pertimbangan boleh merekrut dosen berlatar belakang S1 untuk mengajar. Setelah itu pihak kampus melaporkan ke Kementerian terkait.

Terkait kebijakan tersebut, tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi siapa saja yang menempuh pendidikan S2 dan S3 saat ini. Pasalnya, bisa saja mereka yang hanya bergelar sarjana bisa saja lebih profesional dan lebih hebat dibanding mereka.

Penulis: Asri Ismail

Komentar Anda