Hanya di Indonesia, Hujan Hanya Basahi Satu Rumah

Bestari

Bestari

Tim Redaksi Bestari.ID
Arif Menginspirasi
Bestari

Latest posts by Bestari (see all)

 

Capture di IG (Foto: Ist)

Bestari.Id – Warganet di Twitter dibuat heran dengan postingan video hujan teramat lokal yang terjadi di Tebet, Jakarta Selatan. Akun @febicil, mencuit hujan itu hanya membasahi satu rumah saja.

 Uniknya, hujan itu hanya membasahi satu rumah, sementara di sebelah kanan dan kiri rumah tersebut kering kerontang. Kejadian itu terjadi saat malam hari.
“Ada hujan yang turun di satu rumah doang di tebet, kiri kanan-nya kering!,” ujar akun @febicil.
Ternyata, peristiwa alam yang terbilang aneh itu memang dapat terjadi. Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko membenarkan hal itu.
Jika ditinjau dari sisi fenomena cuaca hujan lokal, bahkan sangat lokal memang dimungkinkan terjadi. Tapi mesti ada syarat terbilang khusus yang harus dipenuhi terkait fenomena tersebut.
Dengan syarat dan ketentuan berlaku, di mana parameter cuacanya terpenuhi. Mulai dari penguapan, suhu, kelembapan, arah kecepatan angin, dan awannya.

Capture di IG (Foto:Ist)

Fenomena tersebut bisa terjadi pada masa transisi atau pancaroba maupun musim kemarau. Hanya di Indonesia atau di daerah tropis saja agar kondisi tersebut memang dapat terjadi. Peralihan antara musim kemarau dan musim hujan.

Biasanya terjadi antara siang dan menjelang malam dengan durasi singkat (tidak lama). Volume hujan pun terbilang sedikit.

 Akan tetapi, syarat dan ketentuan untuk membentuk fenomena tersebut memang sulit terpenuhi sehingga kemungkinan kecil dan sulit terjadi.
Di samping itu beberapa hari belakangan ini angin kencang, di atas rata-rata. Kondisi ini membuat potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan sangat kecil.
Jadi ada syarat parameter cuaca tidak terpenuhi, yaitu angin kencang dan kelembapan yang relatif cukup lembab. Sehingga kemungkinan kecil sekali dan sulit terjadi kalau kejadian sifatnya alami. Olehnya itu fenomena tersebut terbilang unik dan langka.
Penulis: Yasir

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *