Kalau Kamu Gak Mau Stress, Lakukan 6 Hal Ini

Bestari

Bestari

Tim Redaksi Bestari.ID
Arif Menginspirasi
Bestari

Latest posts by Bestari (see all)

Kalau Kamu Gak Mau Stress, Lakukan 6 Hal Ini

Di era modern saat ini, ada banyak faktor pemicu munculnya stres. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terkena stres, ternyata remaja saat ini pun juga banyak. Entah masalah dari lingkungan sosial, kantor, sekolah, keluarga, bahkan kemacetan di jalan pun juga dapat menjadi pemicu stres.

Terlalu lama stres dapat membuat emosi kamu tidak stabil, konsentrasi berkurang, napsu makan berkurang, juga dapat menyebabkan hipertensi. Semua itu tentu tidak baik untuk kesehatan kamu.

Agar stres kamu berkurang, lakukan hal ini agar pikiran dan hatimu mendapat ketenangan. Tentunya juga sebagai penghilang stres kamu.

1. Berdoa kepada Tuhan.

Melakukan ibadah adalah kunci utama untuk menenangkan jiwa. Ketika kamu berdoa, tentunya kamu akan merasa berada di dekat Tuhan. Curahkan semua beban yang selama ini kamu emban kepada-Nya. Seusai berdoa, pastinya kamu akan merasa lebih tenang. Lalu percayalah bahwa Tuhan akan menolong kamu ketika kamu dalam masa sulit.

2. Jalan-jalan.

Kalau kamu stres karena pekerjaan, isi liburan kamu dengan jalan-jalan. Tidak perlu mahal atau jauh, yang penting kamu happy. Kamu bisa ajak keluarga atau sahabat pergi ke tempat favorit untuk melepas pikiran lelahmu selama ini. Mall juga bisa kamu jadikan pilihan. Selain jalan-jalan, kamu bisa belanja, main games, atau nonton bioskop. Cukup seru, bukan?

3. Olahraga.

Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membuat pikiran kamu lebih fresh loh. Nggak perlu di gym, olahraga lari di sekitar komplek rumah kamu juga boleh. Biar lebih hemat.

4. Curhat ke sahabat atau keluarga.

Melepas emosi dan pikiran yang memberatkan kepala juga membantu kamu menurunkan stres. Temui keluarga atau sahabat terdekatmu, lalu ceritakan keluh kesahmu pada mereka. Selain membantu menurunkan stres, biasanya kamu akan dapat solusi yang baik dari mereka. Jadi, kalau stres berat, jangan dipendam sendiri ya.

5. Atur pola tidur.

Pola tidur yang tidak dijaga juga dapat menimbulkan stres. Sebab, ketika kamu melakukan rutinitas, rasa kantuk pasti menyerang. Kalau sudah begitu, kamu tentu tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Pekerjaan atau kegiatan sekolah akan kacau, lalu berdampak ke kamu. Jadi, mulai dari sekarang, atur jam tidurmu. Waktu normal tidur pada malam hari adalah 8 jam. Pastikan tidurmu tidak kurang dari 8 jam.

6. Menulislah.

Nah, buat kamu yang punya hobi ini, menulis bisa jadi cara alternatif untuk melampiaskan emosi. Apalagi kalau kamu tipe orang yang tidak suka menceritakan masalah ke orang lain. Menulis adalah pilihan terbaik untuk kamu. Tuang semua perasaan kamu ke dalam tulisan. Kamu pasti akan merasa lebih baik setelahnya. Kalau tidak mood untuk menulis cerita, kamu juga boleh menulis catatan harian tentang masalah yang sedang kamu hadapi.

Semua manusia punya masalah di dunia ini, tapi tiap masalah pasti ada jalan keluarnya, kan? Jadi, jangan biarkan masalah itu bikin kamu makin stres. Ambil waktu luang, liburan, lalu isi dengan kegiatan menghibur. Kamu juga harus ingat, kalau kamu tidak sendirian.

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *