Ini 5 Makanan Khas yang Wajib Anda Cicipi di Makassar

Bestari

Bestari

Tim Redaksi Bestari.ID
Arif Menginspirasi
Bestari

Latest posts by Bestari (see all)

Bestari.id– Bagi Anda yang senang berburu kuliner, kota Makassar adalah salah satu rajanya makanan khas yang sayang jika Anda lewati begitu saja. Makanan khas kota Daeng ini tak kalah lezatnya dengan daerah-daerah lain.

Nah, berikut 5 dari sekian banyak makanan khas kota Makassar yang disalin dari berbagai sumber, wajib Anda ketahui. Jangan lupa siapkan catatan sebelum menjelajahnya.

Coto Makassar (Foto: Int)

1. Coto Makassar
Kalau di Jawa ada Soto, di Makassar ada Coto. Coto Makassar saat ini sudah sangat populer di Indonesia, mungkin hampir di seluruh penjuru Indonesia sudah ada di sediakan.

Coto Makassar ini sangat kaya dengan rempah-rempah, berisi daging dan jeroan-jeroan yang sudah direbus. Diberikan bumbu khusus yang terbuat dari jintan, merica, ketumbar yang disangrai, bawang putih, lengkuas, serai, kacang tanah disangrai, air jeruk nipis dan penyedap rasa.

 

Sop Sodara (Foto:Int)

2. Sop Sodara
Sop Saudara ini juga merupakan incaran para turis, dengan menyajikan makanan berkuah dengan tetap menggunakan bahan dasar dagi sapi ditambah dengan perkedel kentang, jeroan, bihun, dan telur rebus.

Biasanya untuk lebih menikmati, sop sodara ini ditambah dengan nasi putih dan ikan bandeng bakar. Untuk mendapatkan makanan ini, cukup Anda kelilingi kota Makassar, pasti akan banyak Anda temukan.

 

Pallu Basa (Foto:Int)

3. Pallu Basa
Pallu basa adalah masakan khas Makassar yang mirip dengan sop namun berbahan utama daging sapi dan jeroan sapi. Ciri ciri makanan khas Makassar memang berbahan dasar daging dan jeroan. Sop Pallu Basa memiliki rasa santan yang kental dan adanya kelapa sangrai yang diparut sehingga aroma yang dikeluarkan sangat lezat dan menggoda selera makan.

Biasanya Pallu basa disajikan dengan sepiring nasi. Dapat ditambahkan dengan kuning telur ayam kampung mentah ke kuah sop pallu basa yang masih panas, pasti enak.

Jika dilihat pallu basa hampir mirip dengan coto Makassar. Namun ternyata yang membuat pallu basa adalah penggunaan santan kental dan kelapa parut sangrai di dalamnya.

 

Nasu Palekko (Foto: Int)

4. Nasu Palekko
Kalau kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas. Karena sensasi pedasnya yang nendang di lidah ini, membuar kuliner yang satu ini menjadi incaran para pecinta kuliner pedas. Kuliner ini aslinya berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Bahan dasar dari Nasu Palekko adalah daging itik yang dipotong kecil-kecil, terkadang juga terdapat potongan bagian leher dan jeroannya. Itik yang digunakan biasanya adalah itik yang masih muda dan memiliki tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan bau ammisnya, biasanya digunakan asam jawa sebagai penetralisir. Rasa dari Nasu Palekko ini sangatlah gurih dan pastinya terdapat sensasi pedas yang menggigit.

 

Mie Titi (Foto:Int)

5. Mie Titi
Mie pada umumnya yang disajikan secara basah (berkuah) dan kenyal. Salah satu makanan khas Makassar dari Sulawesi Selatan ini memiliki gaya yang unik dalam penyajian mie. Sebelum disajikan, masakan khas Makassar ini akan di goreng hingga kering terlebih dahulu, kemudian disiram kuah kental yang terbuat dari telur dan sayur.

Sejarah awal mula Mie Titi berasal dari seorang keturunan Tionghoa yang telah lama tinggal di Makassar. Sebelumnya Mie Titi hanya dimasak untuk keperluan keluarganya namun lambat laun, sajian mie titi ternyata enak dan digemari masyarakat sekitar. Sehingga semakin lama mie titi menjadi terkenal hingga sekarang.(*)

Penulis: Asri Ismail

Komentar Anda