bestari.id

Yuk Kenali Budaya Organisasi di Perusahaanmu!

       Organisasi atau perusahaan yang stabil berasal dari budaya organisasi yang kuat. Banyak komponen-komponen kecil yang menyusun budaya organisasi di dalam sebuah perusahaan. Setiap perusahaan yang berbeda memiliki ciri khas budaya yang beda pula. Budaya organisasi mengacu pada sistem pola tertentu mulai dari perilaku atau sikap, nilai-nilai yang dianut, norma yang dijalankan, dan integrasi karyawan atau individu dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

 Karakteristik utama yang membangun sebuah budaya organisasi di dalam sebuah perusahaan terdiri dari inovasi, analisis kepada detail, orientasi hasil, dan stabilitas perusahaan tersebut. Budaya organisasi memperlihatkan bagaimana para pekerja dalam memandang karakteristik dari budaya organisasi. Budaya organisasi mampu menggerakkan orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk melakukan pekerjaan menjadi lebih baik dan efektif maupun efisien.

   Seluruh karyawan di suatu perusahaan akan menyesuaikan dengan budaya organisasi yang ada. Melakukan apa yang seharusnya dilakukan, meyakini sebuah norma yang berlaku, dan peraturan laainnya. Budaya organisasi memiliki peran untuk mendefinisikan batasan yang ada dimana budaya organisasi menciptakan perbedaan antara salah satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dimana setiap perusahaan memiliki budaya organisasi yang unik. Memberikan identitas tersendiri kepada perusahaan layaknya personal branding. Dan mendorong seluruh karyawan untuk berkomitmen pada kepentingan perusahaan. Hal inilah yang akan menciptakan kemajuan perusahaan dan outcome yang dihasilkan.

       Di era milenial seperti ini, budaya organisasi sangat berperan dalam membentuk visi dan misi sebuah perusahaan. Budaya organisasi juga menciptakan iklim di perusahaanmu dimana banyak sekali iklim positif yang akan memengaruhi kinerjamu. Perusahaan yang memiliki iklim budaya yang positif akan melakukan pekerjaannya dengan baik dan saling mendukung untuk keberhasilan karyawan lainnya. Jadi, bagaimana dengan budaya organisasi di perusahaanmu? Apakah memberikan efek yang positif terhadap kinerjamu?

Leave a Comment

Your email address will not be published.